[Ulasan] ROG Phone 5: Masih raja ponsel gaming

ROG Phone 5 merupakan ponsel gaming yang diumumkan ASUS pada Maret 2021 dan akan hadir di Indonesia pada Juni 2021. Ini adalah review ROG Phone 5 berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan selama menggunakannya.

Versi yang saya gunakan adalah ROG Phone 5, bukan versi Ultimate. Ponsel ini adalah varian hitam. Termasuk dalam kotak adalah pin untuk membuka slot SIM, adaptor 65W, kabel USB-C ke USB-C, dan kasing Aero.

Untuk melengkapi ponsel gaming, saya juga mendapatkan gamepad controller ROG Kunai 3. Hm, tapi kontroler game ini akan kita bahas di artikel lain.
dalam kotak telepon rog 5
kotak pembelian
desain & tubuh

Sebelum saya melangkah lebih jauh, saya harus menyebutkan bahwa saya bukan penggemar desain perangkat game, yang menurut saya biasanya terlalu ramai atau memiliki bentuk yang aneh. Untungnya, ASUS tampaknya serius mempertimbangkan sisi desain dari ROG Phone 5.

Ada banyak detail kecil yang berubah dan membuatnya terlihat jauh lebih baik di bagian belakang. Misalnya, bentuk modul kamera dengan sudut membulat, beberapa gambar grafis pada bagian tersebut (huruf Republic of Gamers, ROG, 05), serta desain dot matrix pada logo ROG. Hm, untuk desain logo ROG, saya lebih suka versi desain ini daripada versi Ultimate.

Di bagian samping ponsel Anda akan menemukan tombol daya dan slot kartu SIM merah yang kontras dengan warna hitam casing. Dingin.
Bagian belakang telepon gandum 5
desain belakang

Di bagian depan, ROG Phone 5 tidak mengikuti tren penggunaan notch atau lubang untuk kamera selfie. Terdapat bingkai yang tidak terlalu besar di bagian atas dan bawah serta memiliki sudut membulat. Ini telah menjadi tradisi Telepon ROG dan sesuatu yang saya sukai.

Bodi dari ROG Phone 5 sendiri tergolong tebal dan berat. Terlihat jelas saat dijejerkan dengan iPhone 8 Plus tanpa casing (jika Anda menggunakan casing, hampir sama). Ya, Anda tahu, kapasitas baterai sangat bervariasi.
Telepon ROG 5 vs iPhone 8 Plus

Namun, ada lekukan di bagian samping bodi belakang. Ini dan bodi yang tidak terlalu lebar membuatnya lebih mudah digenggam. Meskipun tinggi ponsel mungkin berarti Anda harus menggunakan dua tangan.

Kemudian, mengikuti tradisi lama, ponsel ini juga memiliki konektor USB Type-C di bagian samping. Posisi ini memudahkan jika ingin mengisi daya saat bermain. Nah, yang menyebalkan adalah penutup slot ini masih berupa karet kecil yang mudah hilang jika kita tidak menyimpannya dengan baik. Yah, itu adalah faktor kecil.

Omong-omong, Anda mungkin pernah melihat video JerryRigEverything menghancurkan tubuh ROG Phone. Hm, meskipun benar, bodinya sebenarnya cukup kokoh (um, yang saya gunakan jatuh dari sekitar 1m). Kecuali jika Anda sengaja merusaknya seperti yang dilakukan Zack Nelson.
Layar

Sebagai ponsel dengan spesifikasi tinggi, ROG Phone 5 juga memiliki layar yang luar biasa. Layar FHD+ Super AMOLED 6,78 incinya mendukung kecerahan layar 800 nits (maks. 1200 nits), HDR10+, Delta-E <1 dan kecepatan refresh hingga 144 Hz.

Kecerahan layar memungkinkan kita untuk melihat gambar atau membaca konten dengan cukup baik bahkan di luar ruangan (di bawah sinar matahari). Selain itu, kualitas gambar dan warna juga tampil tajam.
Layar ke-5 ponsel Rog
layar utama

Berkat dukungan refresh rate yang tinggi, animasi layar berjalan dengan sangat lancar. Melakukan berbagai tindakan di layar – membuka pusat notifikasi, kembali ke layar beranda, dll. – sangat menyenangkan.

Sumber :